BITCOIN BLABK COINS
BITCOIN BLABK COINS

Sabtu, 18 April 2015

Memulai Aplikasi Desain Grafis CorelDraw X6

1.   Memulai Aplikasi Desain Grafis CorelDraw X6:

Klik tombol Windows/Start > All Programs > CorelDraw Graphics Suite X6, maka muncul jendela kotak dialog welcome seperti berikut.


Gambar Kotak Dialog Create a New Document CorelDraw X6

Keterangan:
1.  Menu Quick Start dengan sub menu pilihan:

  •  New blank document

:
Memulai pada lembar kerja CorelDraw.

  •  New from template

:
Memulai dengan memilih bentuk-bentuk desain yang tersedia pada CorelDraw X6.
2.
What’s new
:
Membuka halaman tentang fasilitas terbaru dari CorelDraw dari versi sebelumnya.
3.
Learning Tools
:
Membuka halaman tutorial CorelDraw X6.
4.
Gallery
:
Kumpulan gambar dan desain yang direkomendasikan oleh CorelDraw.
5.
Update
:
Memperbaharui versi aplikasi CorelDraw.

Belajar Aplikasi Desain CorelDraw X6

Pengenalan Aplikasi Desain CorelDraw X6

Aplikasi desain grafis CorelDraw X6 merupakan salah satu aplikasi yang populer dan profesional untuk membuat desain grafis berbasis vector. Vektor adalah grafis terdiri atas garis, kurva dan teks.

Aplikasi desain grafis CorelDraw X6 digunakan untuk membuat logo, brosur, spanduk, dan karya seni lainnya.  Secara umum Aplikasi desain grafis CorelDraw X6 banyak digunakan oleh percetakan, penerbitan, pengembang situs web yang bertujuan untuk komersil dan publikasi.


Keunggulan aplikasi desain grafis CorelDraw X6 adalah dapat menghasilkan desain yang kulitas baik karena grafis yang dihasilkan berupa vektor. 



Jumat, 17 April 2015

DESAIN GRAFIS

Desain grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi. (Wikipedia)


  • Elemen-elemen Desain Grafis



Elemen desain adalah satu hal yang terpenting dalam desain grafis. Hal nyata inilah yang akan mewujudkan prinsip desain. Layaknya sebuah tonggak yang akan menopang agar tetap kukuh. Elemen adalah dasar dari desain. Seperti halnya membangun sesuatu, kita tak bisa langsung ke atas, kita harus mulai dari dasar. Seperti itu pula desain.

Elemen-elemen desain sendiri terdiri atas 6 hal yaitu garis (line), bentuk (shape), tekstur (texture), ruang, ukuran, dan warna. Tak kenal, maka tak sayang. Yuk, kita bahas satu-satu biar lebih kenal biar nantinya jadi paham.

1. Garis (Line)
Garis adalah sebuah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik dengan titik lainnya sehingga tergambarlah sebuah garis dengan bentuk lengkung (curve) atau lurus (straight). Mampu membuat keteraturan, mengarahkan pandangan dan memberikan kesan bergerak serta memiliki karakter tertentu. Penggunaan garis dapat diaplikasikan dalam pembuatan grafik atau bagan.

2. Bentuk (Shape)
Bentuk adalah seperangkat garis yang ditempatkan berdekatan, memiliki diameter, tinggi dan lebar. Ini merupakan obyek 2 (dua) dimensi. Berdasarkan sifatnya, bentuk dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu huruf, simbol, dan bentuk nyata (form). Selain itu hal ini dapat digunakan sebagai perantara sebuah ide.

3. Tekstur (Texture)
Tekstur merupakan sebuah visualisasi dari permukaan yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda. Tekstur dapat menambah dimensi dan kekayaan sebuah layout, menegaskan atau membawa ke dalam sebuah rasa/emosi tertentu.

4. Ruang
Ruang adalah jarak yang memisahkan antar sesuatu. Biasanya digunakan memisahkan atau menyatukan elemen-elemen layout. Ruang juga berfungsi sebagai tempat istirahat bagi mata. Dalam bentuk fisiknya, pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

5. Ukuran
Ukuran adalah seberapa besar atau kecil sesuatu hal. Perbandingan ukuran satu bentuk terhadap bentuk lainnya. Dengan menggunakan elemen ini kamu dapat menciptakan kontras dan penekan (emphasis) pada obyek desain, sehingga orang akan tahu sisi menarik atau menonjol dari desain itu dan melihatnya terlebih dahulu.

6. Warna
Warna merupakan media paling akhir dalam komunikasi simbolik dan yang terpenting.Nyatanya, warna dibagi ke dalam dua section, warna yang timbul karena sinar (RGB) dan warna yang dibuat dalam unsur tinta atau cat (CMYK). Dengan warna si desainer dapat menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau menarik perhatian serta menegaskan sesuatu. Agar tidak salah dalam menginterpretasi suatu maksud dalam desain kamu, yuk  kenali makna warna.



  •  Prinsip-prinsip Desain




1.    Balance (keseimbangan). Prinsip keseimbangan dalam desain hampir sama dengan yang ada di dunia nyata. 



Contoh gambar sebelah kiri  bentuk yang besar ditaruh di dekat tengah kertas terasa seimbang dengan bentuk kecil yang ditaruh di dekat ujung kertas. Contoh gambar kedua di sebelah kanan menerangkan bahwa bentuk yang besar namun tidak dihitamkan akan terasa seimbang dengan bentuk yang kecil namun diisi warna hitam. Dari contoh diatas, bisa diambil kesimpulan bahwa keseimbangan dapat diciptakan dari; warna, penempatan dan ukuran.

2.    Gradasi, merupakan perbedaan perubahan warna dan karakter arsir pada suaru bentuk. Gradasi dapat menciptakan suatu bentuk perhatian dan pergerakan pada suatu bentuk. Sebagai contoh gradasi arsir dari warna gelap ke terang akan menggiring mata kita untuk melihat bergerak mengikuti bentuk bendanya, dibandingkan arsir tanpa gradasi.



Gambar kiri Gradasi Statis, Kanan Dinamis



Gambar atas: Kotak tanpa variasi, bawah kotang dengan variasi



Gambar kiri: tanpa adanya dominan, kanan: dominan terlihat



Gambar kiri: tidak ada dominan, kanan: dominan muncul dari faktor ukuran




Gambar kiri: tidak ada dominan (komposisi monoton), kanan: dominan muncul dari perbedaan bentuk dan ukuran



Gambar kiri: objek terpisah tidak bersatu, kanan: diberi objek 'link' agar memiliki kesatuan


3.    Repetisi, atau dikenal dengan istilah 'pengulangan' suatu bentuk yang jika dilakukan dengan variasi akan membuat lebih menarik namun sebaliknya tanpa variasi akan menjadi sangat monoton atau membosankan.

4.    Kontras, seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa kontras dapat tercipta dari suatu hal yang sangat berbeda. Perbedaannya bisa dilihat dari warna (warna komplementer pada roda warna), perbedaan ukuran skala suatu bentuk dan lain sebagainya.

5.    Harmoni, (dapat dibaca disini)
Definisi harmony adalah "A pleasing combination of elements in a whole". Keselarasan kombinasi tersebut mencakup keseluruhan bagian, entah itu dalam bidang musik, warna, puisi bahkan mungkin juga makanan!
Dalam sebuah kegiatan visual, keharmonisan warna merupakan faktor yang dapat menyenangkan mata kita. Keharmonisan akan dapat merangsang indera penglihatan kita dan menciptakan perasaan "seimbang" di dalam hati kita.  Sebagai contoh, sebuah karya visual yang cukup membosankan untuk dilihat, sehingga seorang penikmat visual tidak merasa puas untuk menikmati sebuah karya visual dan ia tidak merasa terdorong untuk memiliki perasaan 'seimbang' itu di dalam hatinya, maka ia tidak akan tahan atau betah berlama-lama melihat karya visual tersebut.


6.    Dominan (Dominance) atau biasa juga dikenal dengan istilah "Focal Point" atau "Point of Interest". Prinsip dari dominan adalah bentuk atau objek yang harus lebih menonjol atau lebih mudahnya paling mudah terlihat. Oiya sedikit pendapat, menurut saya sebaiknya unsur Dominan jangan diletakkan di tengah-tengah bidang, karena cenderung akan membuat komposisi menjadi 'terlalu seimbang' atau simetris dan 'terlalu diatur'. Kita masih bisa membuat komposisi yang seimbang tanpa membuat tata letak yang simetris.



7.    Kesatuan (Unity), prinsip dari "kesatuan" dalam sebuah komposisi adalah semua bagian bentuk harus saling memiliki keterikatan atau keterkaitan (link). Keterkaitan tersebut bisa diciptakan dari sebuah bentuk lain yang menghubungkan seluruh bentuk tersebut.
.


Sabtu, 03 Mei 2014

Kecerdasan Buatan

Defenisi Kecerdasan Buatan

Merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal - yang dalam pandangan manusia adalah – cerdas (H. A. Simon [1987])
Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Kinight [1991])

Untuk mengetahui dan memodelkan proses – proses berpikir manusia dan mendesain mesin agar dapat menirukan perilaku manusia. (John McCarthy[1956]).

Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia.

Kategori Kecerdasan Buatan
1.  Systems that think like humans
2.  Systems that act like humans
3.  System that think rationally
4.  System that act rationally

Kamis, 01 Mei 2014

Cara Memasang Menu PullDown di Blog

Cara Memasang Menu Pull-Down di Blog




Drop Down Menu / Menu Pull-Down adalah menu yang jika kita mengarahkan kursor ke menu tersebut maka akan muncul submenu lainnya yang memanjang kebawah. Untuk contohnya anda bisa lihat menu pull-down yang terletak di blog ini.

Minggu, 20 April 2014

Tutorial Ms. Office Word 2007

Panduan Microsoft Office Word 2007

Microsoft Office Word 2007 merupakan program aplikasi pengolah kata (word processor) yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat, brosur, table, dan masih banyak lagi dukumen-dokumen lain yang biasa dibuat dengan menggunakan Microsoft Office Word.

Microsoft Office Word 2007 merupakan pengembangan dari versi sebelumnya yang mengalami banyak perubahan dan perbaikan, sehingga lebih fleksibel digunakan di masa kini. Microsof Office Word juga menyediakan fasilitas penuh terhadap apa yang kita perlukan. Dengan fasilitasnya yang lengkap lengkap ini telah menghantarkan Microsoft Office Word 2007 sebagai program aplikasi pengolah kata yang mutakhir saat ini.

Senin, 31 Maret 2014

Membuat Related Post dengan Thumbnail Bergerak Di Bawah Postingan

Membuat Related Post dengan Thumbnail Bergerak Di Bawah Postingan 
Langsung saja ya, silahkan Login ke blog Anda >> Dashboard >> Template >> Edit HTML >> Jangan lupa centang Expand Widget Templates.
Kemudian cari kode </head>, (agar lebih mudah dalam pencarian, tekan CTRL + F ).

Cara Membuat Related Post dibawah Postingan

Related Post merupakan sarana untuk menunjukkan kepada pembaca, artikellain yang berkaitan dengan yang sedang dibaca. Selain itu dengan menggunakan Related Pos mesin pencari juga menambah perambahan pencarian di dalam blog kita sehingga ketika seseorang memasukkan kata kunci pada mesin pencari maka blog kita ikut ditampilkan.

Selasa, 18 Maret 2014

Buat Game Sendiri Tanpa Kode Program

Anda ingin memiliki Game sendiri tapi tidak bias utak-atik kode program, TIDAK MASALAH sekarang sudah ada aplikasi untuk membuat Game sendiri tanpa harus mengerti kode program. Lamgsung download saja aplikasi Stencyl disni, lalu install ke dalam komputer atau laptop Anda, selanjutnya, ayo belajar cara membuat gamenya.

Berikut Lembar Kerja Stencyl




Membuat Game Baru

Langkah-langkah membuat game baru:

1) Klik bertitik persegi berlabel Klik disini untuk membuat permainan baru. 


2) Klik pada Kit Crash Course, kemudian klik tombol Next di bagian bawah dialog. 


Apa Kit ? Sering kali ketika Anda membuat game di Stencyl , Anda akan ingin memulai dengan Kit , permainan template yang datang dengan sumber daya sampel dan memiliki hal-hal seperti pengaturan dan permainan logika yang sudah dikonfigurasi . Kit Anda mulai dengan di sini memiliki semua sumber daya yang Anda perlukan untuk Crash Course . 

Kamis, 06 Maret 2014

Cara Meng-Install Adobe Photoshop

Cara menginstal Adobe Photoshop 7.0


1. Download Adobe Photoshop 7.0
2. Extract File Zip nya, bila melum punya WinZip Download disini

Sabtu, 19 Januari 2013

Memanipuasi Database PHP-MySQL


Database mengandung beberapa tabel, setiap tabel memiliki record atau data. Data dalam database merupakan data masukan dari form. Misalkan sebuah website perguruan tinggi memiliki form pendaftaran mahasiswa, dimana seorang calon mahasiswa dapat mendaftar secara online. Proses pendaftaran online ini akan mengisi record (tabel) data mahasiswa dalam database, proses ini disebut Tambah Data (Insert Procces).

Fungsi PHP-MySQL


1.     Administrasi MySQL
Struktur database di MySQL terdapat hak akses (privilege), hak akses database meliputi kewenangan pengguna (user) mengakses database tertentu dan batas-batasan perintah yang bisa dilakukan. User yang berhak secara keseluruhan (tanpa batas) adalah user root. secara default User root tidak mempunyai password (kata kunci) dengan alamat host adalah localhost. Administrasi user MySQL digunakan untuk mengkases database MySQL melalui PHP.  Untuk melakukan administrasi Users, klik link Users pada halaman index atau dari PHPMyAdmin, buka database.

Fungsi PHP

Fungsi (Function)

Function merupakan sejumlah pernyataan yang dikemas dalam sebuah nama. Selanjutnya nama itu dapat dipanggil berkali-kali di beberapa tempat pada program. Tujuan penggunaan fungsi adalah untuk memudahkan dalam mengembangkan program dan menghemat ukuran program. Fungsi terdapat 3 (tiga) jenis, yakni:
1. Built In
2. User Defined Function
3. External

Contoh Program PHP

Contoh Program PHP

Memulai Program PHP

  • Latihan1 : Menampilkan Tulisan
  • Membuat program sederahan PHP, ketiklah kode program berikut di editor, Lalu simpan di C:\xampp\htdocs\ dengan nama file: Latihan1.php

    Untuk melihat hasilnya:
    • Pastikan aplikasi web server telah aktif
    • Aktifkan aplikasi web browser, pada addres bar ketik http://localhost/latihan1.php

    Install Web Server

    Instalasi Web Server

    Ø  Persiapan
    1.    Hardware: perangkat keras komputer yang memadai, Personal Computer (PC) atau Notebook/Netbook.
    2.    Software, perangkat lunak komputer terdiri dari:
    a.      Aplikasi Web Server, disini  yang digunakan adalah Xamp v3.0.12 karena telah memiliki Database Server MySQL serta mendukung PHP. Silakan download di http://www.apache.org
    b.      Editor: aplikasi yang digunakan untuk melakukan pengetikan kode program, antara lain: Gratis: Notepad, Eclipse, NetBeans IDE, Komersial: Macromedia Dreamweaver, PHPDesigner, Zend Studio.
    c.      Aplikasi Web Browse: aplikasi untuk menampilkan hasil program seperti: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chroome, Opera dan lain-lain

    Sabtu, 24 November 2012

    PEMROGRMAN FRAMEWORK


    PENDAHULUAN

    1.     Pengertian Framework
    Kerangka kerja (bahasa Inggris: framework) adalah suatu struktur konseptual dasar yang digunakan untuk memecahkan atau menangani suatu masalah kompleks. Istilah ini sering digunakan antara lain dalam bidang perangkat lunak untuk menggambarkan suatu desain sistem perangkat lunak yang dapat digunakan kembali.

    Kamis, 11 Oktober 2012

    Mengenal PHP-MySQL

    PHP-MySQL

    Web Server

    Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang berfungsi menerima permintaan (request) berupa halaman web melalui protocol HTTP atau HTTPS dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali (response) hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

    Beberapa Web Sever yang banyak digunakan di internet antara lain :
    Beberapa Web Sever yang banyak digunakan di internet antara lain :
    1. Apache Web Server : (http://www.apache.org)
    2. Internet Information Service, IIS : (http://www.microsoft.com/iis)
    3. Xitami Web Server : (http://www.xitami.com)
    4. Sun Java System Web Server : (http://www.sun.com/software/products/web_srvr/home_web_srvr.xml)

    Server Side Scripting

    Server Side Scripting merupakan sebuah teknologi scripting atau pemrograman web dimana script (program) dikompilasi atau diterjemahkan di server. Dengan server side scripting, memungkinkan untuk menghasilkan halaman web yang dinamis.

    Beberapa contoh Server Side Scripting (Programming) :
    Beberapa Web Sever yang banyak digunakan di internet antara lain :
    1. ASP (Active Server Page) dan ASP.NET
    2. ColdFusion (http://www.macromedia.com/software/coldfusion)
    3. Java Server Pages (http://java.sun.com/products/jsp/)
    4. Perl (http://www.perl.org)
    5. Phyton (http://www.python.org)
    6. PHP (http://www.php.net)

    Pemrograman Web -SQL


    Pengenalan SQL

    Structure Query Language (SQL) merupakan bahasa standar yang ditetapkan oleh American National Standars Institute (ANSI) untuk mengakses dan memanipulasi data pada Database Relational. Karena sifatnya standar maka setiap software RDMS harus menerapkan bahasa SQL dengan diperbolehkan untuk mengembangkan atau menyertakan perintah-perintah yang non standar.

    Pemrograman Web - Database

    Database

    Pengertian Database

    Database diibaratkan sebagai sebuah perpustakaan. Dalam perpustakaan terdapat beberapa rak atau lemari tempat menyimpan buku-buku. Setiap rak terdiri atas buku-buku yang sejenis, misalnya rak pertama berisi buku matematika, rak kedua berisi buku cerita, rak ketiga berisi buku agama dan seterusnya. Dari ilustrasi diatas, perpustakaan sebagai Database, rak-rak tempat mennyimpan buku sebagai tabel dan buku-buku sebagai data.

    Data merupakan fakta-fakta yang dapat direkam dan memiliki arti. Dalam komputerisasi data dibedakan berdasarkan tipe datanya dapat berupa teks, angka, grafik, gambar, suara dan lain-lain. Kumpulan data yang saling berhubungan satu sama lain dan terorganisir sedemikian rupa disebut Database.

    Penerapan Database meliputi hampir seluruh aspek kehidupan manusia, misalnya: Perbankan diterapkan pada semua transaksi, Penerbangan diterapkan pada reservasi, jadwal, Universitas terpannya pada registrasi, data perkuliahan, perdagangan diterapkan pada produk, pelanggan, transaksi pembelian dan masih banyak lagi.

    Aplikasi Database

    Aplikasi Database disebut juga Database Management System (DBMS) untuk menyimpan data dalam jumlah besar yang tersusun secara terorganisir. DBMS merupakan kumpulan program yang mengkoordinasikan semua kegiatan yang berhubungan dengan database. Database Management System (DBMS) berfungsi:
    1. Penyimpanan, pengambilan dan perubahan data
        Sebuah DBMS harus menyediakan kemampuan menyimpan, mengambil dan merubah data dalam database.
    2. Katalog yang dapat diakses pemakai
        Menyediakan sebuah katalog yang berisi deskripsi item data yang disimpan dan diakses oleh pemakai.
    3. Mendukung Transaksi
        Menyediakan mekanisme yang akan menjamin semua perubahan yang berhubungan dengan transaksi yang sudah ada atau yang akan dibuat.
    4. Melayani kontrol concurrency
        Sebuah DBMS harus menyediakan mekanisme yang menjamin database ter-update secara benar pada saat beberapa pemakai melakukan perubahan terhadap database yang sama secara bersamaan.
    5. Melayani recovery
        Menyediakan mekanisme untuk mengembalikan database ke keadaan sebelum terjadinya kerusakan pada database tersebut.
    6. Melayani autorisasi
        Sebuah DBMS harus menyediakan mekanisme untuk menjamin bahwa hanya pemakai yang berwenang saja yang dapat mengakses database.
    7. Mendukung komunikasi data
    Sebuah DBMS harus mampu terintegrasi dengan software komunikasi.
    8. Melayani integrity
        Sebuah DBMS bertujuan untuk menjamin semua data dalam database dan setiap terjadi perubahan data harus sesuai dengan aturan yang berlaku.
    9. Melayani data independence
        Sebuah DBMS harus mencakup fasilitas untuk mendukung kemandirian program dari struktur database yang sesungguhnya.
    10. Melayani utility
        Sebuah DBMS sebaiknya menyediakan kumpulan layanan utility.

    Konsep Database

    Database terdiri atas Tabel, Record, Field. Tabel merupakan daftar informasi yang disusun secara sistematis dalam beberpa baris dan kolom. Baris dalam tabel disebut record dan kolom disebut Field.
    Field merupakan data atau informasi dalam kelompok yang sama atau sejenis, sedang record merupakan data lengkap dalam jumlah tunggal.


    Pengenalan SQL

    Structure Query Language (SQL) merupakan bahasa standar yang ditetapkan oleh American National Standars Institute (ANSI) untuk mengakses dan memanipulasi data pada Database Relational. Karena sifatnya standar maka setiap software RDMS harus menerapkan bahasa SQL dengan diperbolehkan untuk mengembangkan atau menyertakan perintah-perintah yang non standar.
    Ditinjau menurut fungsinya, perintah SQL terdiri dari 5 (lima) kelompok:
    1. Query adalah perintah yang digunakan untuk menampilkan data dari database,. perintah yang digunakan adalah SELECT.
    2. DML (Data Manipulation Language) adalah perintah yang digunakan untuk manipulasi data seperti menambah, mengedit, menghapus data. Perintah yang digunakan INSERT, DELETE, UPDATE, MERGE.
    3. DDL (Data Definition Language) adalah Perintah yang digunakan untuk mendefinisikan struktur Objek database seperti membuat tabel, mengubah struktur tabel, menghapus tabel. Perintah yang digunakan CREATE, ALTER, DROP, TRUNCATE, RENAME.
    4. DCL (Data Control Language)adalah Perintah yang digunakan untuk mengatur perijinan akses terhadap database. Perintah yang digunakan GRANT,REVOKE
    5. TCL (Transaction Control Language)adalah perintah yang digunakan untuk menentukan suatu transaksi diterapkan secara permanen atau dibatalkan. Perintah yang digunakan COMMIT,ROLLBACK,SAVEPOINT

    Aturan dalam penulisan perintah SQL:
    1. Perintah dapat ditulis dalam huruf besar maupun kecil
    2. Setiap perintah diakhiri dengan tanda titik koma “ ; “
    3. Perintah dapat ditulis satu atau beberapa baris untuk memberikan komentar pada perintah SQL. Gunakan tanda minus “ - - “ untuk komentar 1 baris, atau di antara tanda “ \* “ dan “ *\ “ untuk komentar beberapa baris.

    Perintah SQL

    1. Perintah CREATE DATABASE berfungsi untuk membuat Database. Sintaks dasar sebagai berikut:

         CREATE DATABASE namadatabase;

         Contoh:
                   create database universitas;

         Keterangan: Membuat database baru dengan nama universitas.

    2. Perintah DROP DATABASE berfungsi untuk menghapus Database, Sintaks dasar sebagai berikut:

         DROP DATABASE namadatabase;

         Contoh:
                   drop database universitas;

         Keterangan: Menghapus database universitas

    3. Perintah CREATE TABLE berfungsi untuk membuat Tabel, Sintaks dasar sebagai berikut:

         CREATE TABLE namatabel (namakolom typekolom(size),namakolom typekolom(size),…);

         Contoh:
                   create table mahasiswa (nim varchar(15),nama varchar(35),jurusan int(3));

         Keterangan: Membuat tabel baru dengan nama mahasiswa yang terdiri dari 3 fields/kolom. Kolom nim bertipe string, kolom nama bertipe string dan jurusan bertipe integer.

    4. Perintah DROP TABLE berfungsi untuk mengapus Tabel, Sintaks dasar sebagai berikut:

         DROP TABLE namatabel;

         Contoh:
                   drop table siswa;

    Keterangan: Menghapus tabel mahasiswa

    5. Perintah RENAME berfungsi untuk mengganti Nama Tabel, Sintaks dasar sebagai berikut:

         RENAME namtabelyangdiganti TO namatabelbaru;

         Contoh:
                   rename mahasiswa to mhs;

         Keterangan: Mengubah nama tabel mahasiswa menjadi mhs

    6. Perintah ALTER TABLE berfungsi untuk menambah Kolom/Field, Sintaks dasar sebagai berikut:

         ALTER TABLE namatabel ADD namakolom typekolom(size);

         Contoh:
                   alter table siswa add alamat varchar(50);

         Keterangan: Menambahkan kolom baru dengan nama alamat bertipe string panjang 50 karakter.

    7. Perintah ALTER TABLE berfungsi untuk mengganti Nama Kolom/Field, Sintaks dasar sebagai berikut:

         ALTER TABLE namatabel CHANGE namakolomyangdiganti namakolombaru typekolom(size);

         Contoh:
                   alter table mahasiswa change alamat alamat_rumah varchar(50);

         Keterangan: Mengubah kolom alamat menjadi alamat_rumah bertipe string dengan panjang 50 karakter.

    8. Perintah ALTER TABLE berfungsi untuk mengganti Type atau Size Kolom/Field, Sintaks dasar sebagai berikut:

         ALTER TABLE namatabel MODIFY namakolom typekolom(size);

         Contoh:
                   alter table mahasiswa modify nama varchar(40);

         Keterangan: Mengubah panjang karakter nama dari tabel mahasiswa menjadi 40 karakter.

    9. Perintah ALTER TABLE berfungsi untuk menghapus Kolom/Field, Sintaks dasar sebagai berikut:

         ALTER TABLE namatabel DROP namakolom;

         Contoh:
                   alter table mahasiswa drop alamat_rumah;

         Keterangan: Menghapus Kolom alamat_rumah dari tabel mahasiswa.

    10. Perintah SELECT: berfungsi untuk menampilkan data dari tabel, sintak dasarnya seperti berikut:

         SELECT namakolom, namakolom,… FROM namatabel WHERE kriteria;

         Perintah WHERE merupakan Optional tidak harus disertakan seperti SELECT dan FROM.
         Contoh:
                    SELECT nim,nama,kelas FROM mahasiswa;

         Keterangan: menampilkan semua informasi nis,nama,kelas dari data siswa

                    SELECT * FROM mahasiswa;

         Keterangan: menampilkan semua data siswa

                    SELECT nim,nama,jurusan FROM mahasiswa WHERE jurusan = ‘TI’;

         Keterangan: menampilkan semua informasi nis,nama,kelas dari data siswa kelas 3C

                    SELECT * FROM mahasiswa WHERE nama like ‘TA%’ ORDER BY nama ASC;

         Keterangan: menampilkan semua data siswa yang namanya diawali dengan “AN” dan diurutkan berdasarkan nama secara Ascending.

    11. Perintah INSERT: Berfungsi untuk menambah informasi/data baru kedalam tabel. Sintak dasarnya seperti berikut:

         INSERT INTO namatabel (kolom) VALUES (value);

         Contoh:
                   INSERT INTO mahasiswa (nim,nama,jurusan) VALUES (‘10001110’,’SATRIYO GULO’,’TI’);
                   atau
                   INSERT INTO mahasiswa VALUES (‘10001110’,’SATRIYO GULO’,’TI’);

         Keterangan: tambahkan data baru pada tabel mahasiswa dengan nim: 10001110, nama: SATRIYO GULO, jurusan: TI

    12. Perintah DELETE: berfungsi untuk menghapus informasi/data pada tabel. Sintaknya sebagai berikut:

         DELETE FROM namatabel WHERE keriteria;

         Contoh:
                   DELETE FROM mahasiswa WHERE nama = ‘PELANGI HATI’;

         Keterangan: Menghapus data mahasiswa yang namanya “PELANGI HATI”.

    13. Perintah UPDATE: berfungsi untuk membaharui/memperbaiki informasi/data pada tabel. Sintaknya sebagai berikut:

         UPDATE namatabel SET namakolom=value WHERE keriteria;

         Contoh:
                   UPDATE mahasiswa SET nama=’SATRIYO MAZMUR A. GULO’ WHERE nim=’ 10001110’;

         Keterangan: Mengganti/membaharui nama menjadi “SATRIYO MAZMUR A. GULO” untuk mahasiswa yang memiliki nim: “10001110”.

    Artikel Lainnya

    Analisis Data

     Materi Pelajaran Informatika SMA/MA/SMK Kelas X 1.       Pengertian Analisis data adalah proses inspeksi, pembersihan dan pemodelan data ...

    BITCOIN BLABK COINS