PENDAHULUAN
Arsitektur Komputer adalah
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari
suatu sistem komputer. Implementasi
perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai
bagaimana CPU akan
bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll).
Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan
sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen
perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Aristektur & Organisasi
A.
Arsitektur Komputer
·
Matakuliah Arsitektur Komputer merupakan kelanjutan dari matakuliah Organisasi Komputer yang sudah diperlajari
pada semester sebelumnya.
·
Matakuliah Arsitektur Komputer yang dipelajari lebih terfokus pada CPU
- Atribut–atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer Contoh: set instruksi,
aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O
B.
Organisasi Komputer
·
Matakuliah Organisasi komputer yang dipelajari adalah komputer secara keseluruhan.
·
Bagian yang terkait erat dengan unit–unit operasional, contoh:
teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal kontrol
Contoh-contoh
atribut arsitektural adalah:
a. set instruksi
b. jumlah bit yang
digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam jenis data
c. mekanisme I/O dan
d. teknik-teknik
pengalamatan memori.
STRUKTUR DAN FUNGSI
KOMPUTER
1. Struktur Komputer
Struktur komputer adalah cara komponen-komponen saling
terkait. Secara deskripsi pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan berawal dari atas menuju kebawah (top down).
Terdapat empat struktur utama komputer:
1. Central Processing Unit: berfungsi sebagai pengontrol operasi komputer dan
pusat pengolahan fungsi – fungsi komputer.
2. Memori Utama: berfungsi sebagai penyimpan data.
3. I/O: berfungsi memindahkan data ke lingkungan luar atau perangkat lainnya.
System Interconnection: merupakan sistem yang
menghubungkan CPU, memori utama dan I/O.
2. Fungsi
Komputer
Fungsi
komputer adalah operasi
masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur.
Fungsi-fungsi dasar
sebuah komputer secara umum dapat digolongkan menjadi empat
bentuk yaitu :
¡ Pengolahan Data - Data Processing
¡ Penyimpanan Data - Data Storage
¡ Pemindahan Data - Data Movement
¡ Kendali - Control
Bagan Struktur dan Unit Fungsional Komputer
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau
perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem.
Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU
merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional,
yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori
eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi
untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read
Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia
informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit
data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada
suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan.
Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menirma data melalui data
bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses
transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan
ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur
paralel.
8. Control Bus
Control Bus digunakan
untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri
atas 4 sampai 10 jalur paralel.
0 komentar:
Posting Komentar
Dengan segala kerendahan hati menerima saran dan kritik yang bersifat membangun, silahkan berikan saran dan kritik Anda pada kolom komentar