BITCOIN BLABK COINS
BITCOIN BLABK COINS

Jumat, 01 Mei 2015

Pengantar Interaksi Manusia Komputer (IMK)

(Human Computer Interaction / HCI) Interaksi Manusia Komputer disingkat IMK merupakan satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi diantara pengguna dengan sistem.


Sistem tersebut meliputi :
-      Sistem pada komputer
- Sistem yg digunakan dalam kehidupan seharihari : kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.

Peran Utama IMK
Menghasilkan sebuah sistem yang mudah digunakan, aman, efektif dan efisien.

Model IMK melibatkan 3 komponen :
a. Pengguna
b. Interaksi
c. Sistem

Kunci utama IMK adalah daya guna (usability):
a. Sistem harus mudah digunakan
b. Memberi keamanan kepada pengguna
c. Mudah dipelajari

Definisi dari Interaksi Manusia Komputer : (1) Sekumpulan proses, dialog dan kegiatan di mana melaluinya pengguna memanfaatkan dan berinteraksi dengan komputer. (2) Suatu disiplin ilmu yang menekankan pada aspek desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan mempertimbangkan fenomenafenomena di sekitar manusia itu sendiri.
(3) Suatu studi ilmiah tentang masyarakat didalam lingkungan kerjanya.

Faktor-faktor Pendewasa HCI
HCI merupakan suatu ilmu multidisiplin, banyak faktor secara langsung mempengaruhinya. Berbagai faktor yang ikut mendewasakan dan mengembangkan IMK, diantaranya:
- kecerdasan buatan (artificial intelligence)
- rekayasa perangkat lunak (software engineering)
- matematika
- ergonomics
- multimedia (graphic design)

Faktor Rekayasa Perangkat Lunak

Definisi Rekayasa Perangkat Lunak :
1. Instruksi-instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan
2. Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proporsional.
3. Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.

Faktor RPL merupakan faktor yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efisien, serta user friendly sehingga dihasilkan mesin yang betul-betul diinginkan oleh user.

Faktor Kecerdasan Buatan - Kecerdasan buatan merupakan bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dengan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran. Faktor ini berperan penting dalam pengembangan IMK,sehingga akan tercipta sistem yang betul-betul menyerupai pola pikir manusia. Contoh: Robot

Faktor Linguistik - Komputasional Peran bahasa yang digunakan sebagai antarmuka sangat penting, agar user lebih mudah menggunakan sistem dan tidak terjadi kesalah pahaman. Dibutuhkan komposisi bahasa yang sangat baik, yang dapat dengan mudah dimengerti oleh user.

Faktor Psikologi - Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangatlah dibutuhkan dalam IMK, mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Dalam perancangan program, harus diperhatikan:
- siapa target pengguna program
- bagaimana lingkungan nya
- bagaimana perilaku mereka secara umum sehingga hasil program lebih user friendly.

Faktor Multimedia - Dengan multimedia, tampilan dari suatu interaksi akan menjadi lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna.
Contoh: anak-anak sudah bisa memainkan game dengan komputer karena ada banyak konteks multimedia di dalamnya (gambar, suara, teks, grafik dsb)

Faktor Antropologi - Faktor antropologi memberikan gambaran tentang cara kerja kelompok yang masingmasing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing.
Contoh : Perusahaan di bidang televisi memiliki 100 karyawan. Bagaimana masing-masing individu di dalam kantor tsb berinteraksi dengan teknologi, sangat menentukan masa depan perusahaan itu.

Faktor Ergonomik - Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Manusia yang bekerja di depan komputer, biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama. Maka letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan dan berbagai aspek lain sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dan komputer yang digunakannya.


Faktor Sosiologi - Pada IMK, sosiologi berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.


Faktor Teknik Penulisan - Suatu produk (program) yang dibuat membutuhkan petunjuk manual agar orang yang belum biasa menggunakan produk tersebut bisa mempelajari lebih dahulu, sehingga dapat terjadi interaksi yang baik antara orang itu dengan komputer.

Faktor Matematika - Pembuatan suatu produk(software) haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika software bisa dijalankan oleh semua orang, baik yang baru belajar komputer maupun yang telah pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software itu
disukai oleh banyak orang.

Faktor Bisnis - Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat produsen software/hardware membuat produk yang lebih mudah digunakan.

Manusia - Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi.
1. Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses input-output.
2. Informasi disimpan di dalam ingatan.
3. Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara.


Proses pemasukan dan pengeluaran yang terjadi pada manusia merupakan suatu vision (pandangan).
1. Pemasukan secara fisik dari stimulus.
2. Pengelolaan dan interpretasi dari stimulus.

Alat fisik yang digunakan untuk mendapatkan visi adalah mata. Proses yang terjadi pada mata untuk mendapatkan visi :
 1.   Merupakan suatu mekanisme penerimaancahaya yang ditransformasikan ke dalam energi elektrik.
 2.   Cahaya memantul dari objek-objek yang dipandang dan citra dari objek tersebut difokuskan secara terbalik pada retina.
 3.   Retina mengandung rod (organ berbentuk batang) untuk pandangan cahaya lemah dan cone (organ berbentuk kerucut) untuk pandangan berwarna.
 4.   Sel ganglion (pusat syaraf) berfungsi untuk mendeteksi pola dan pergerakan.


Komputer - Didefinisikan perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut. Atau, suatu mesin yang menerima input untuk diproses dan menghasilkan output.

Sistem komputer terdiri dari prosesor, memori I/O. Fungsi dasarnya adalah eksekusi program. Program yang akan dieksekusi berisi sejumlah instruksi yang disimpan di dalam memori. CPU akan melakukan tugas ini dengan cara
mengeksekusi program.

Interaksi - Interaksi membantu manusia apa yang terjadi antara user dan sistem komputer. Sistem interaksi menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh user terhadap sistem yang ada. Hubungan antara user dan komputer dijembatani oleh antarmuka pengguna (user interface)

Antarmuka Pengguna - Bagian sistem yang dikendalikan oleh user untuk mencapai dan melaksanakan fungsifungsi suatu sistem. Suatu antarmuka secara tidak langsung juga menunjukkan fungsi sistem kepada pengguna. Antarmuka merupakan gabungan dari elemenelemen suatu sistem,elemen-elemen dari pengguna, dan juga komunikasi atau interaksi diantara keduanya.

Sebuah sistem antarmuka pengguna,memiliki:
- piranti masukan (keyboard, mouse, dll)
- piranti keluaran (monitor,printer)
- masukan pengguna (gerakan mouse, sentuhan keyboard)
- hasil yang dikeluarkan komputer(grafik, bunyi, tulisan)

Peran antarmuka pengguna dalam kedayagunaan sistem sangat penting. Dan pembangunannya merupakan proses utama dalam pembangunan suatu sistem.

Piranti Bantu Pengembangan Sistem - Komputer tidak bisa berinteraksi dengan manusia bila tidak ada software yang menghubungkan. Bahasa yang digunakan dalam pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa yang dipakai manusia sehari-hari, yaitu bahasa Inggris dengan menggunakan aturan tertentu yg ditulis dan diterjemahkan oleh komputer ke dalam bahasa komputer (bahasa mesin).


Paradigma dan Prinsip Interaksi - Sistem yang interaktif memungkinkan pengguna untuk mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem interaksi harus dapat didayagunakan untuk meningkatkan
keberhasilan suatu aplikasi.
1.   Bagaimana suatu sistem interaksi dibangun supaya mempunyai daya guna yang tinggi?
2.    Bagaimana mengukur atau mendemonstrasikan daya guna suatu sistem interaksi?
Dua pendekatan untuk menjawab permasalahan.
1. Paradigma - Sistem interaksi yang berhasil pada umumnyadiyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tersebut.
2.   Prinsip - Interaksi efektif dari berbagai aspekpengetahuan seperti psikologi, komputasi dan sosiologi, yang mengarahkan pada peningkatan desain dan evolusi produk yg akhirnya akan meningkatkan daya guna sistem tersebut.

Jenis paradigma
1. Time Sharing
2. Video Display Units
3. Programming toolkits
4. Personal Computing
5. Window System dan WIMP interface
6. Metaphor
7. Direct Manipulation
8. Hypertext.

Time Sharing: satu komputer yang mampu mendukung banyak user, meningkatkan keluaran dari sistem.

Video Display Units: dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data.

Programming toolkits: Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktivitasnya.

Personal computing: mesin berukuran kecil yang powerful, yang dirancang untuk pengguna tunggal.

Prinsip, diharapkan dapat meningkatkan daya guna sistem. Pendayagunaan, dipengaruhi oleh beberapa sifat:
-      Learnability, kemudahan yang memungkinkan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal.
-      Flexibility : menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi.
-       Robustness : tingkat dukungan yang diberikan agar user dapat menentukan keberhasilan ataupun tujuan yang diinginkan.


Menu Adobe Photoshop CS3

Sama halnya dengan aplikasi lain, Adobe Photoshop CS3 memiliki pulldown menu yang berisi sub menu atau perintah untuk mengoperasikan Adobe Photoshop CS3.



File
:
berkaitan dengan File seperti membuka, menyimpan, menutup, import, export, pengaturan kertas, mencetak
Edit
:
berkaitan dengan editing secara umum seperti cut, copy, paste, transform image, serta untuk mengatur preferences Adobe Photoshop
Image
:
berisi editing image untuk mengatur warna, duplicate/menggandakan image, mengatur ukuran image, merubah posisi image
Layer
:
berkaitan dengan manajemen layer pada image, seperti menambah layer, menggandakan layer, menghapus, menambah efek pada layer
Select
:
berkaitan dengan selection image
Filter
:
berisikan filter-filter yang terinstall pada Photoshop yang dapat digunakan untuk memberi efek tertentu pada image
View
:
digunakan untuk pengaturan view seperti zooming image, menampilkan skala, dan sebagainya
Windows
:
digunakan untuk menampilkan komponen-komponen yang dimiliki oleh Adobe Photoshop
Help
:
digunakan untuk menampilkan bantuan panduan mengoperasikan Adobe Photoshop

Pengenalan Aplikasi Desain Grafis Adobe Photoshop CS3

Aplikasi Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi desain grafis yang popular yang digunakan untuk desain grafis berbasis bitmap. Gambar bitmap merupakan hasil dari jepretan kamera atau hasil scanner dari foto. Bitmap terdiri atas kumpulan titik-titik (pixel), dimana tingkat ketajaman pixel disebut resolusi.

1.    Membuka Aplikasi Adobe Photoshop CS3
   
Untuk membuka Adobe Photoshop CS3.
·         Pada PC/Laptop, klik Start> All Programs> Adobe> Photoshop CS3, atau klik pada shortcut pada desktop.


·         Tampilan Aplikasi Adobe Phoshop CS3.


2.    Ruang Lingkup Aplikasi Adobe Phoshop CS3.

Sebelum memulai membuat desain di Adobe Phoshop CS3, sebaiknya terlebih dahulu dilakukan pengaturan ukuran desain (lembar kerja), untuk memudahkan dalam membuat desain dan perencanaan lanjutan.

a.     Membuka dokumen desain, gambar dari media penyimpan seperti: harddisk, FD, dan lain-lain: File>>Open>>muncul kotak dialog Open

Keterangan kotak dialog Open
Look in
:
Lokasi dokumen (file)
File Name
:
Nama dokumen (file)
Files of Type
:
Jenis atau tipe dokumen (file)


b.     Cara membuat lembar kerja: File>New>muncul kotak dialog New:

Keterangan kotak dialog New
Name
:
nama dokumen
Page Size and Orientation
:
Mengubah ukuran halaman dengan mengetikkan nilai-nilai baru untuk lebar dan tinggi. ukuran halaman mewakili ukuran yang Anda inginkan setelah pemangkasan berdarah atau tanda lainnya di luar halaman.
Preset
:
pada menu dropdown Preset Anda dapat menemukan ukuran dokumen secara umum seperti: surat, tabloid, web dan lain-lain
Size
:
ukuran dokumen yang terdiri atas
With
:
ukuran lebar dokumen dalam satuan pixel, inchi, cm, mm, points, picas, columns
Height
:
ukuran tinggi dokumen dalam satuan pixel, inchi, cm, mm, points, picas, columns
Resolution
:
jumlah piksel pada area cetak dari suatu gambar. Semakin tinggi resolusi, semakin banyak pixel terdapat pada halaman, semakin baik kualitas gambar. Namun, resolusi tinggi menjadi ukuran file besar. Standar yang disarankan resolusi gambar dicetak adalah 150-300, untuk Web.
Color Mode
:
memilih mode warna yang sesuai dengan desain. Sebagai contoh, ketika membuat grafik untuk situs web, pilih RGB. Ketika membuat gambar untuk cetak, pilih CMYK.
Background Contents

pilihan latar belakang desain misalnya putih, warna, atau transparan.

Setelah melakukan pengaturan dokumen, lalu klik OK.


3.    Mengenal Ruang Lingkup Aplikasi Adobe Photoshop CS3


           
Keterangan tampilan aplikasi Adobe Photoshop CS3:

·   Title bar
:
berisi nama aplikasi dan nama file yang sedang aktif
·   Menu bar
:
menu pull-down yang berisi pilihan perintah-perintah mengoperasikan Adobe Photoshop CS3 untuk, terdiri menu File, Edit, Image, Layer, Select, Filter, View, Window dan Help
·   Propety bar
:
berisi tombol-tombol peritnah yang berkaitan dengan tombol yang dipilih pada toolbar
·   Toolbar
:
berisi tombol-tombol perintah (peralatan) untuk membuat atau memodifikasi gambar/desain
·   Toolbox
:
berisi tombol perintah yang berada didalam kotak segitiga hitam (flayout) untuk membuat atau memodifikasi gambar/desain
·   Ruler Bar
:
garis mistar yang menunjukkan ukuran dan posisi objek dalam area kerja
·   Work Area
:
lembar kerja desain/gambar
·   Palette
:
merupakan bagian yang berfungsi memudahkan untuk melakukan pengeditan desain/gambar, palette yang sering digunakan: Navigator Paletten, Info Palette, Color Palette, Color Palette, Swatches Palette, Style Palette, Layer Palette, Path Palette, History Palette, Paragraph Palette
·   Info Bar
:
berisi informasi posisi pointer, warna desain/gambar
·   Tombol kontrol aplikasi
:
tombol yang berfungsi mengontrol jendela aplikasi Adobe Photoshop CS3, terdiri dari Minimize, Restore Down, Close
· Tombol kontrol lembar kerja
:
tombol yang berfungsi mengontrol jendela aplikasi Adobe Photoshop CS3, terdiri dari Minimize, Restore Down, Close


Senin, 27 April 2015

Mengelola Dokumen CorelDraw X6


1.        Menyimpan Dokumen
·         Klik menu File > Save muncul kotak dialog

·         Tentukan lokasi (folder) tempat file disimpan
·         File name              : nama file (Untitled-1 ganti dengan nama file)
·         Save as type          : menentukan format file yang akan disimpan
·         Klik Save.

2.        Mengatur Page Setup
Sebelum memulai membuat desain sebaiknya terlebih dahulu mengatur area kerja sehingga ketika mencetak tidak mengalami perubahan desain. Untuk mengatur jenis kertas antara lain.
a.    Klik menu Layout – Page Setup muncul kotak dialog

b.  Tentukan Size : ukuran kertas terdapat berbagai pilihan ukuran kertas standard seperti, A4, A6, A5, Letter, Legal, F4, dan lain-lain. Bisa juga disesuaikan dengan mengetik langsung ukuran pada, Width : ukuran lebar kertas, Height : ukuran tinggi kertas


Tentukan satuan misalnya, inchi, millimeters, points, picas, pixel, meters, dan lain-lain.


Tentukan orientasi kertas,


Tentukan resolusi dalam satuan dpi,

c.    Klik OK

3.        Menyisipkan Dokumen dalam Bentuk Format Lain (Import)
Menyisipkan berbagai jenis dokumen kedalam area kerja CorelDraw seperti format, JPG/JPEG, TIF, BMP, PSD, dan lain-lain antara lain:
a.    Klik menu File > Import (CTRL+I) muncul kotak dialog

b.    Pilih lokasi dan file yang akan disisip
c.    Klik Import
d.    Klik di area kerja.

4.        Mengirim Dokumen CorelDraw dalam Format Lain (Export)
Mengirim dokumen CorelDraw ke berbagai jenis/format dokumen seperti format, JPG/JPEG, TIF, BMP, PSD, dan lain-lain antara lain:
a.    Klik menu File – Export (CTRL+E) muncul kotak dialog

·  Tentukan lokasi (folder) tempat file disimpan
·  File name            : nama file (Untitled-1 ganti dengan nama file)
·  Save as type        : menentukan format file yang akan disimpan

b.    Klik Export muncul kotak dialog Export to JPEG

·         Tentukan tipe warna pada Color mode misalnya RGB, CMYK, dan lain-lain
·         Tentukan kualitas resolusi.

c.    Klik OK

5.        Mencetak Dokumen (Print)
       a.    Dari menu File – Print, muncul kotak dialog print

         b.      Pilih jenis printer yang terhubung dengan PC/Laptop Anda

         c.       Atur jenis dan orientasi kertas dengan mengklik Preferences

              Kalau sudah siap diatur klik OK
        d.      Lihat tampilan sebelum dicetak ke printer dengan mengklik Print Preview

       e.      Jika sudah sesuai Klik gambar printer (Print) untuk mencetak ke printer

             Untuk keluar klik Close Print Prview.




Artikel Lainnya

Analisis Data

 Materi Pelajaran Informatika SMA/MA/SMK Kelas X 1.       Pengertian Analisis data adalah proses inspeksi, pembersihan dan pemodelan data ...

BITCOIN BLABK COINS