BITCOIN BLABK COINS
BITCOIN BLABK COINS

Rabu, 05 Desember 2018

Memahami Lingkungan Kerja Delphi 7

Download terlebih dulu softwarenya : DISINI lalu Install

Bagian-bagian  lingkungan kerja aplikasi Delphi 7
1. Jendela Utama
2. Bagian-bagian dari IDE Delphi
3. Form Designer
4. Component Pallete
5. Code Editor
6. Code Explorer

Gambar Jendela utama aplikasi Delphi 7



Keterangan bagian-bagian lingkungan kerja aplikasi Delphi 7:

1. Oject Tree View

Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis, menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek program. Komponen tersebut meliputi form, modul atau frame. Fungsinya digunakan untuk menampilkan seluruh daftar komponen program dalam sebuah aplikasi program sesuai dengan penempatannya.




2. Object Inspector

Merupakan jendela yang digunakan untuk mengatur tampilan komponen pada form, misal bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi Simpan atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi Nama Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan.

Secara umum Object Inspector terbagi menjadi 2 yaitu :
a.       Properties
Digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi penggantian nama, warna, jenis huruf, border dan lain-lain.

Gambar Jendela Inspector (properties)


b.      Events
Merupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan diklik maka program akan menjalankan perintah penympanan data. Dari kalimat tersebut ada event click untuk mengeksekusi sebuah tombol Simpan. Perintah event click tersebut dapat diberikan melalui jendela events.

Gambar Jendela Events pada Object Inspector



3. Form Designer

Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program yang diambil dari komponen pallete.
Gambar Jendela form designer




4. Komponen Pallete


Merupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi untuk membentuk sebuah aplikasi yang user interface. Dalam komponen pallete semua icon dikelompokkan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Gambar Jendela Komponen Pallete




5. Code Editor

Bagian dari delphi yang digunakan untuk menuliskan kode program. Pada bagian code editor terdapat bagian utama yaitu bagian paling kiri yang berupa angka menunjukkan baris dan kolom. Keterangan modefied menunjukkan bahwa telah terjadi modifikasi terhadap baris program. Dan paling kanan menunjukkan status keyboard tentang tombol insert atau over write.
Gambar Jendela Code Editor



6. Code Explorer

Jendela yang digunakan untuk menampilkan sebuah variabel, type dan rountine yang didefinisikan pada sebuah unit.

Gambar Jendela Code Explorer


0 komentar:

Posting Komentar

Dengan segala kerendahan hati menerima saran dan kritik yang bersifat membangun, silahkan berikan saran dan kritik Anda pada kolom komentar

Artikel Lainnya

Analisis Data

 Materi Pelajaran Informatika SMA/MA/SMK Kelas X 1.       Pengertian Analisis data adalah proses inspeksi, pembersihan dan pemodelan data ...

BITCOIN BLABK COINS