BITCOIN BLABK COINS
BITCOIN BLABK COINS

Rabu, 24 Agustus 2011

Sejarah Komputer

 SEJARAH KOMPUTER

Istilah komputer berasal dari kata to compute yang artinya menghitung. Sejarah perkembangan komputer berawal dari dikenalnya alat hitung analog sederhana yang disebut sempoa. Pada tahun 1621 alat hitung berkembang dengan ditemukannya slide rule.

Alat menghitung berkembang dengan diciptakannya kalkulator roda numeric oleh Blaise Pascal dengan nama Pascaline, alat ini merupakan penghitung bilangan berbasis sepuluh yang dapat menjumlahkan delapan digit. Pada tahun 1694 ahli matematika dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Libniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian dengan nama Leibnitz Calculation Machine.
Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang professor matematika Inggris, Charles Babbage dengan membuat mesin diferensial (difference engine) yang digunakan untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial. Sepuluh tahun kemudian Charles Babbage menciptakan computer pertama, general purpose yang disebut Analytical Engine.
Pada tahun 1980, Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punched counting yang menggunakan punch card (kartu perforasi/berlubang-lubang) sebagai media data.
Tahun 1944 Howard Aiken dari Harvard University bekerjasama dengan International Bussiness Machine (IBM) berhasil menciptakan mesin komputer yang mampu melaksanakan serangkaian operasi aritmatika secara otomatis dengan nama MARK I.
            Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, komputer mengalami kemajuan. Bentuk fisik komputer dari waktu ke waktu semakin kecil dan daya semakin hemat. Perkembangan teknologi komputer dikelompokkan sebagai berikut:
1.    Generasi Pertama
Generasi pertama komputer dikembangkan pada saat Perang Dunia II (PD II), menggunakan tube vakum dan silinder magnetik untuk menyimpan data dengan sistem operasi yang dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu dimana setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (machine language).
Yang termasuk komputer generasi pertama adalah: Mark I, Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709, Eniac, Edvac, UNIVAC I, UNIVAC II, Datamatic 1000, CRC, NCR, NCR 102A, NCR 102D, Bicmac, dan Bicmac II.
2.    Generasi Kedua
Komputer generasi kedua, tube vakum digantikan oleh transistor dan dikembangkan dengan menggunakan memori anti magnetic. Komputer generasi kedua ini menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan kode biner (basis dua).
Komputer generasi kedua memiliki komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer saat ini, seperti: printer, disket, memori, sistem operasi, dan program. Pada masa ini juga bermunculan beberapa bahasa pemrograman yang menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan rumus matematika yang lebih mudah dipahami manusia. Bahasa pemrograman yang bias digunakan diantaranya, Common Business-Oriented Language (COBOL), dan Formula Translator (FORTRAN).
Yang termasuk komputer generasi kedua adalah LARC, IBM 1401, UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNNIVAC SS90, UNIVAC 1107, Burroughs 200, IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600, NCR 300, Honeywell 400, Honeywell 800, CDC 1604, CDC 160A, GE 635, GE 645, dan GE 200.
3.    Generasi Ketiga
Pada komputer generasi ketiga, transistor yang digunakan pada komputer generasi kedua digantikan dengan integrated circuit (IC) yang megnombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kemajuan lain dari komputer generasi ketiga ini adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang bertugas memonitor dan mengkoordinasikan memori komputer.
Yang termasuk komputer generasi ketiga adalah UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, Burroughs 5700, Burroughs 7700, GE 600, GE 235, CDC 3000, CDC 6000, CDC 7000, PDP-8, dan PDP-11.
4.    Generasi Keempat
Komputer generasi keempat berkembang dengan mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektri menggunakan Large Scale Integration (LSI) yang dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Ciri lain dari komputer generasi keempat ini adalah dengan dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
Pada masa ini juga IBM mulai memperkenalkan Personal Computer (PC) yang banyak digunakan di kantor, sekolah, dan rumah. Komputer terus dikembangkan menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer diatas meja (desktop computer) menjadi komputer yang bisa dibawa-bawa (laptop) bahkan komputer genggam (palmtop). Selain IBM, perusahaan Apple-Machintosh mempopulerkan sistem grafis pada komputer dan memperkenalkan penggunaan piranti mouse.
Yang termasuk komputer generasi keempat adalah IBM 370, IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PS/2, IBM PC/386, IBM PC/486, Apple II, Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, AMD K6, dan Anthlon.
5.    Generasi Kelima
Komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Intgration). Komputer generasi kelima terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan manusia misalnya, komputer dapat menerjemahkan bahasa manusia, dapat berkomunikasi dengan manusia, dapat melakukan diagnose penyakit dengan lebih akurat, dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Dengan segala kerendahan hati menerima saran dan kritik yang bersifat membangun, silahkan berikan saran dan kritik Anda pada kolom komentar

Artikel Lainnya

Analisis Data

 Materi Pelajaran Informatika SMA/MA/SMK Kelas X 1.       Pengertian Analisis data adalah proses inspeksi, pembersihan dan pemodelan data ...

BITCOIN BLABK COINS