Perangkat-perangkat
tersebut memiliki fungsinya masing-masing pada sistem komputer. Namun saat
beroperasinya perangkat-perangkat komputer tersebut akan bekerja dan saling
mendukung satu sama lain. Hardware tidak akan berfungsi tanpa adanya software
dan juga sebaliknya, dan keduanya tidak akan bermanfaat untuk menghasilkan
informasi jika tidak ada brainware yang mengoperasikan dan memberikan perintah.
Jadi dapat di katakan bahwa komputer bukan sebagai sebuah alat saja tapi juga
merupakan sebuah sistem.
1.
Prinsip
Kerja Komputer
Komputer
merupakan sebuah alat elektronok yang mampu melaksanakan tugas diantaranya
adalah menerima input, memproses input sesuai dengan programnya, menyimpan
perintah-perintah dan menampikan hasil dari pengolahan dalam bentuk informasi.
Secara umum prinsip kerja
komputer perangkat keras dapat digambarakan seperti dibawah ini.
2.
Siklus
Pengelolaan Data Pada Komputer
Pada
dasarnya komputer baru bisa bekerja jika ada aliran listrik. Aliran listrik
yang mengalir memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON (HIDUP) yang berarti ada
arus listrik dan kondisi OFF (MATI) yang berarti tidak ada arus listrik. Berdasar
hal tersebut kemudian dibuat perjanjian bahwa kondisi ON diberi lambang 1
(angka satu) dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol).
Semua data yang
berupa angka, abjad, karakter spesial, gambar ataupun suara dalam komputer
berbentuk biner. Biner dikenal dalam matematika dengan sistem bilangan Basis
Dua yang terdiri atas angka 1 dan 0. Kumpulan kode yang dibentuk banyak angka 1
dan 0 menghasikan informasi. Kode tersebut dibuat dengan kesepakatan yang harus
dipatuhi oleh semua pihak yaitu kode ASCII (American
Standart Code for Information Interchange) merupakan kode yang dipakai pada
komputer. Tabel ASCII terdiri atas 256 karakter dari 0 sampai 255 desimal.
Bagaimana komputer mengkoversi
huruf A ke biner ?
Sebagai
contoh, pada saat memasukkan karakter A melalui keyboard secara otomatis
komputer mengkonversikan (menterjemahkan) kedalam kode biner 01000001 berarti 8
bit. Demkian halnya ketika akan ditampilkan di layar monitor sebagai output hasil terjemahan 01000001 kemudian
diterjemahkan kembali ke dalam bentuk huruf A sehingga dapat dimengerti oleh
pengguna komputer.
Pada saat
komputer menerima masukan berupa data huruf A, dimana dalam tabel kode ASCII
huruf A bernilai 65 desimal, kemudian komputer mengkonversi ke data biner.
Perhatikan cara mengkonversi desimal ke biner.
65 : 2 = 32 sisa bagi adalah 1
32 : 2 = 16 sisa bagi adalah 0
16 : 2 = 8 sisa bagi adalah 0
8 : 2 = 4 sisa bagi adalah 0
4 : 2 = 2 sisa bagi adalah 0
2 : 2 = 1 sisa bagi adalah 0
1 : 2 = 0 sisa bagi adalah 1
Urutkan sisa bagi mulai dari yang
paling akhir ke awal, sehingga hasil konversi bilangan desimal 65 menjadi biner
adalah 01000001. Untuk lebih jelas perhatikan skema dibawah ini.
Sebaliknya pada saat komputer
menampilkan di layar (output) biner
01000001 akan dikonversikan menjadi 65 desimal. Berikut cara mengkonversi biner
ke desimal.
010000012 = (0x27)+(1x26)+(0x25)+(0x24)+(0x23)+(0x22)+(0x21)+(1x20)
=
0+64+0+0+0+0+0+1
=
6510
Jadi hasil konversi 010000012
adalah 6510. Untuk
lebih jelas, perhatikan skema dibawah ini.
B.
Perangkat
Keras (Hardware)
Perangkat keras komputer adalah bagian dari sistem
komputer yang merupakan perangkat yang dapat diraba dan dilihat secara fisik
serta perangkat yang menjalankan instruksi dari perangkat lunak (software).
Perangkat keras komputer juga disebut dengan hardware. Hardware berperan secara
menyeluruh terhadap kinerja suatu sistem komputer. Berikut cara kerja,
macam-macam perangkat keras komputer, dan fungsinya.
1.
Cara
Kerja Perangkat Keras Komputer (Hardware)
Hardware
secara fundamental mempunyai bagian non-fisik yang disebut firmware. Firmware
berfungsi sebagai penyedia instruksi dasar yang dapat dilakukan sebuah
hardware. Firmware disimpan dalam chip memori khusus pada suatu hardware yang
dapat berupa ROM atau EEPROM. Firmware berupa sebuah perangkat lunak kecil
(software) yang biasanya ditulis dalam bahasa pemrograman rendah untuk
menghasilkan instruksi dasar yang dapat digunakan oleh hardware bersangkutan
secara cepat. Instruksi dasar ini dapat dibedakan menjadi 3 yaitu,
1)
Instruksi dasar input adalah
instruksi yang dapat memberikan informasi kepada perangkat lunak lainnya yaitu
sistem operasi dengan perantara driver. Hal ini terjadi saat pengguna
berinteraksi dengan hardware bersangkutan. Misalnya mengetik dengan keyboard,
menggeser mouse, dan lain-lain.
2)
Instruksi dasar proses adalah
instruksi yang berperan sebagai penengah proses input atau output yang
dilakukan suatu hardware (tidak keduanya). Instruksi dasar proses yang dimaksud
adalah instruksi yang hanya terjadi dalam suatu hardware atau bukan dalam
sistem komputer secara utuh.
3)
Instruksi dasar output adalah
instruksi yang dipanggil oleh perangkat lunak lainnya yaitu sistem operasi
dengan perantara driver. Hal ini terjadi saat ada perintah untuk menggunakan
hardware tersebut dari pengguna. Misalnya memutar video dengan monitor,
mencetak dokumen dengan printer, dan lain-lain
2.
Jenis-Jenis
Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya
Perangkat
keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa
dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi
untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware dapat bekerja berdasarkan
perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan
dengan istilah instruction set.
Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka
hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh
pemberi perintah.
Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
·
Perangkat keras unit masukan (Input divice)
·
Perangkat keras unit proses (Process device)
·
Perangkat keras unit keluaran (Output device)
·
Perangkat keras unit penyimpanan (Backing storage)
·
Perangkat keras unit tambahan (peripherals)
2.
Perangkat
Keras Unit Masukan (Input Device)
Unit masukan
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori
dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Data
yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan
maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer. Maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah
data yang dimasukkan.
Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua, pertama peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat
pemroses, contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer
graphics tablet, scanner; kedua peralatan input tidak langsung, input yang
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Unit Masukan
|
Pengertian
|
Keyboard
|
Keyboard adalah perangkat
input utama sebuah sistem komputer yang terdiri dari tombol-tombol untuk
mengoperasikan komputer. Keyboard dapat digunakan untuk melakukan input data
secara menyeluruh pada sistem komputer. Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik
dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman
gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Seain Web camera
(webcam) adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke
komputer melalui port USB atau port COM. Webcam juga terapat pada laptop atau
notebook.
|
Mouse
|
Mouse adalah perangkat
peripheral komputer yang digunakan untuk melakukan input data berupa gerakan
kursor, klik, dan scroll. Mouse pada awalnya menggunakan bola untuk melakukan
gerakan kursor, seiring perkembangan teknologi digunakan sensor cahaya untuk
mendeteksi pergerakan.
|
Scanner
|
Scanner adalah perangkat
keras input pada komputer dengan data masukan berupa hasil pindai (scan) dari
sebuah dokumen, layaknya mesin fotocopy.
|
Touchpad
|
Unit masukkan ini biasanya
dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan
sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick
dan trackball.
|
Light Pen
|
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen
(monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke
komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam
enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
|
Joy Stick dan Games Paddle
|
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
|
Barcode Reader
|
Barcode termasuk dalam unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang
berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini,
setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk
mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
|
Mikropon dan Headphone
|
Unit masukan ini berfungsi
untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer
atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara
ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating.
Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang
berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk
mendengarkan suara.
|
Kamera Digital dan
Webcam
|
Perkembangan teknologi telah
begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Seain Web camera (webcam) adalah
sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port
USB atau port COM. Webcam juga terapat pada laptop atau notebook.
|
3.
Perangkat
Keras Unit Proses (Process Device)
Process device adalah perangkat keras
(hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai pemroses dan pengolah data yang
dimasukkan melalui input device kemudian di keluarkan melalui output device
dalam bentuk informasi sehingga akan diterima oleh brainware. Perangkat keras
komputer yang memegang tugas sebagai alat proses disebut dengan nama Central
Processing Unit (CPU). Setiap data yang masuk dari input device (unit masukan)
serta data-data yang tersimpan di dalam media penyimpanan, semuanya diolah oleh
CPU. Seluruh proses seperti perhitungan, pengolahan data, pengolahan gambar,
bahkan pengolahan suara ditangani oleh perangkat keras komputer yang satu ini.
Central Processing Unit (CPU) berfungsi
mengatur kerja dari perangkat keras-perangkat keras lainnya seperti printer,
mouse, speaker, monitor, keyboard, dan sebagainya. Pada komputer mikro, unit
pemrosesan ini disebut dengan micro-processor (pemroses mikro) atau processor
yang berbentuk chip yang terdiri dari ribuan sampai jutaan IC. Intinya, CPU merupakan
otak atau pengatur suatu sistem yang mengolah sehingga menghasilkan informasi.
Dalam CPU, terdapat 4 komponen utama yang saling bekerja sama sehingga dapat
membentuk suatu init pemroses dan pengolahan, yaitu sebagai berikut:
a) Arithmetic
and Logic Unit disingkat ALU saja dalam bahasa Indonesia berarti Unit
Aritmatika dan Logika. ALU memiliki tugas utama untuk membentuk berbagai fungsi
pengolahan data komputer. Sering juga disebut sebagai bahasa mesin, karena
terdiri dari berbagai instruksi yang menggunakan bahasa mesin. ALU sendiri juga
masih terbagi menjadi dua komponen utama, yaitu arithmetic unit (unit
aritmatika), bertugas untuk menangani pengolahan data yang berhubungan dengan
perhitungan, dan boolean logic unit (unit logika boolean), bertugas menangani
berbagai operasi logika.
b) Control Unit
atau Unit Kendali, mempunyai tugas utama untuk mengendalikan operasi dalam CPU
dan juga mengontrol komputer secara keseluruhan untuk menciptakan sebuah
sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsinya masing-masing. Di
samping itu, control unit juga bertugas untuk mengambil instruksi-instruksi
dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
c) Registers
(jamak, dalam bahasa Indonesia menjadi register-register atau banyak register)
merupakan media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat pengolahan data.
Registers merupakan media penyimpanan yang bersifat sementara, artinya data
hanya akan berada dalam registers saat data tersebut dibutuhkan selama komputer
masih hidup, ketika suatu data tidak diperlukan lagi maka ia tidak berhak lagi
berada di dalam registers, dan ketika komputer dimatikan maka semua data yang
berada di dalamnya akan hilang.
d) CPU
Interconections merupakan sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen
internal CPU dengan bus-bus eksternal CPU. Komponen internal CPU diantaranya:
Arithmetic and Logic Unit (ALU), Control Unit, Registers, dan CPU
Interconnection. Komponen eksternal CPU diantaranya: sistem memori utama,
sistem masukan/keluaran (input/output), dan sistem-sistem lainnya.
Unit
Proses
|
Pengertian
|
Prosesor
|
Prosesor adalah perangkat keras proses utama yang merupakan
komponen circuit elektronik yang dapat melakukan eksekusi komputasi logika,
aritmatika, sistem kontrol, dan input/output (I/O) spesifik berdasarkan instruksi
yang diperintahkan pengguna. Hampir seluruh proses di dalam suatu sistem
komputer dilakukan oleh prosesor. Prosesor juga disebut dengan CPU (Central
Processing Unit)
|
Mainboard
|
Motherboard adalah
perangkat keras yang berupa papan circuit yang menghubungkan setiap perangkat
keras pada sistem komputer dan dilengkapi dengan chip BIOS. Chip BIOS
kependekan dari Basic Input Output System. Perangkat ini juga disebut papan
induk atau mainboard.
|
Random
Access Memory (RAM)
|
RAM pada komputer adalah singkatan dari Random Access Memory
atau biasa disebut dengan istilah singkat yaitu memori. RAM komputer adalah
salah satu perangkat keras pemrosesan yang memiliki berperan sebagai memori
tempat penyimpanan sementara (volatile dan temporer) pada saat komputer
sedang beroperasi atau aktif serta bersifat acak (random) atau disebut juga
dengan memori kinerja komputer. Jika komputer dimatikan atau tidak
mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan didalam memori ini akan
hilang atau terhapus secara otomatis dan permanen.
|
VGA Card
|
VGA (Video Graphics Array) adalah perangkat keras yang
digunakan untuk melakukan proses visualisasi data dalam bentuk grafis.
Perkembangan VGA yang sangat pesat, mendukung perkembangan industri game dan
CAD.
|
Sound Card
|
Kartu suara (sound card) adalah perangkat keras yang
digunakan untuk melakukan proses data berupa suara, baik mengeluarkan maupun
merekam suara.
|
3.
Perangkat
keras unit keluaran (output device)
Output
device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan
ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat
dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil
proses. Hasil pemrosesan tersebut dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu
tulisan (huruf,angka,simbol khusus), image (dalam betuk grafis atau gambar),
suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,
sedangkan golongan
terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari
komputer.
Output
|
Pengertian
|
Monitor
|
Monitor adalah perangkat output yang digunakan untuk
menampilkan hasil proses data grafis dari VGA. Data yang ditampilkan
menyediakan informasi berupa video.
|
Speaker
|
Speaker adalah perangkat output yang digunakan untuk
mengeluarkan hasil pemrosesan kartu suara berupa suara.
|
Printer
|
Printer adalah perangkat output yang digunakan untuk
mencetak kertas.
|
Proyektor
|
Proyektor adalah perangkat output yang digunakan untuk menampilkan
gambar di layar proyeksi dengan menggunakan elemen optik.
|
4.
Perangkat
keras unit penyimpanan (backing storage)
Perangkat keras penyimpanan berfungsi sebagai tempat
menyimpan data informasi dan program secara permanen agar dapat dikembalikan
kembali oleh komputer setiap dibutuhkan. Terdapat 2 Perangkat keras penyimpanan
utama dari sebuah sistem komputer adalah penyimpanan non-volatile internal
(HDD/SSD) dan penyimpanan volatile (RAM).
Unit Penyimpanan
|
Fungsi
|
RAM
|
RAM (Random Access Memory) adalah media penyimpanan yang
bersifat volatile (data hilang ketika listrik dimatikan), data diakses secara
acak (random). RAM digunakan untuk menyimpan data saat diproses oleh
prosesor.
|
ROM
|
ROM (Read Only Memory) adalah media penyimpanan yang
bersifat non-volatile (data tidak hilang saat listrik dimatikan) dan bersifat
hanya dibaca. ROM biasanya digunakan untuk chip BIOS atau Firmware.
|
Hardisk
|
Hardisk adalah media penyimpanan non-volatile yang
digunakan untuk menyimpan data sistem operasi dan data pengguna dalam bentuk
piringan digital
|
Floppy
Disk
|
Floppy Disk lebih dikenal dengan nama disket yang merupakan alat
penyimpanan data dan menangani data 1,44 Megabyte.dan untuk saat ini sudah
tidak banyak yang memakainya,dikarenakan cuma dapat menyimpan data sangat
sedikit.
|
CD/DVD ROM
|
Kebanyakan software yang ada sekarang ini berada dalam CD-ROM
(Compact Disk-Read Only Memory). Hal ini karena CD dapat menangani data lebih
banyak, sampai 700 MB. dan untuk dvd bisa menyimpan data sampai 4,7GB.
|
5.
Perangkat
keras unit tambahan (peripherals)
Peripheral atau periferal adalah perangakat tambahan yang
dipasang pada komputer untuk lebih mendayagunakan kompurer. Perangakat ini ada
yang digolongkan sebagai perangkat masukan, processor dan perangkat keluaran.
Biasanya perangkat ini terhubung ke komputer, namun perangkat ini bukan
merupakan perangkat inti dari komputer. Jadi jika perangkat periferal tidak
dihubungkan ke komputer, komputer masih dapat digunakan dan menjalankan
fungsi-fungsinya.
Unit
Periferal
|
Fungsi
|
Power
supply
|
Power supply adalah perangkat keras komputer yang berfungsi
untuk melakukan konversi tegangan dari AC menjadi DC, sehingga dapat
dilakukan manajemen ke sistem komputer terkait.
|
Stavolt
|
Stavolt (Stabilizer voltage) adalah perangkat keras yang
berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik. Penggunaan stabilizer
dimaksudkan untuk mencegah kerusakan perangkat elektronik akibat lalu lintas
tegangan yang naik turun secara signifikan.
|
UPS
|
UPS (Uninterruptible Power Supply) adalah perangkat keras
yang menyediakan backup listrik, sebagai alternatif saat listrik mati. Hal
ini membantu pengguna untuk mematikan komputer sebagai tindakan untuk
mencegah kerusakan data saat listrik mati.
|
C.
Perangkat
Lunak (software)
Software biasa disebut juga dengan perangkat
lunak yang mana berfungsi untuk menjalankan perangkat keras yang ada di dalam
komputer. Dengan kata lain, tanpa adanya software, komputer yang ada tidak akan
bisa digunakan. Dapat dikatakan juga sistem operasi yaitu perangkat lunak yang
bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras dan
operasioperasi yang dilakukan pada sistem, termasuk juga menjalankan aplikasi-aplikasi
yang dapat melakukan pengolahan data.
Adapun fungsi utama dari software yaitu:
·
Mengolah data, perintah atau intruksi tertentu sehingga akan menghasilkan
informasi yang diinginkan oleh user.
·
Sebagai sarana interaksi untuk menghubungkan pengguna dengan
perangkat keras dalam komputer.
Berdasarkan distribusi, tujuan dan
peruntukannya, software tergolong atas:
1. Perangkat Lunak Berbayar; Sesuai dengan namanya, software satu ini
mengharuskan penggunanya untuk mambayar dengan harga tertenti jika ingin
menikmati kegunaan dari perangkat tersebut. Meski anda telah membeli atau
membayar perangkat tersebut, anda tidak akan mendapatkan lisensi untuk membuat
copiannya dan menyebarluaskan untuk pengguna komputer lain. Contoh: Microsoft
Windows, Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Office, dll.
2. Freeware; Software gratis yang tidak membatasi penggunanya untuk
menggunakannya kapan saja. Software seperti ini pada umumnya di dedikasikan
bagi komunitas tertentu, namun hak cipta tetap dipertahankan sehingga siapa
saja dapat melakukan update software terbaru. Cohtoh: Mozilla Firefox, Google
Chrome, Whatsapp, Telegram, Skype, CC cleaner, Adobe flash player, UC Browser,
Youtube downloader
3. Free Software; Berbeda dengan freeware, free software akan menuntut penggunanya
untuk membeli perangkatnya terlebih dahulu, namun setelah itu, kalian bebas
untuk menggandakan, memodifikasi, atau bahkan mendestribusikannya. Contoh: Free
BSD, Open office, MySql, GNU BSD, Opera
4. Shareware; Perangkat lunak ini juga gratis, hanya saja terdapat batas waktu
untuk penggunaannya. Dan bila user ingin menikmati fitur yang ada di dalamnya
tanpa batasan waktu, maka user harus membelinya terlebih dahulu. Fungsi dari
batasan waktu ini adalah supaya user dapat mengetahui beragam kelebihan dan
fungsi yang ditawarkannya atau dalam hal ini disebut sebagai masa trial.
Perangkat lunak ini juga bisa digunakan secara gratis. Sayangnya ada batasan
waktu untuk penggunaannya. Inilah perbedaannya dengan freeware, yang bisa
dimanfaatkan selamanya tanpa ada waktu kadaluarsanya. Contoh: IDM, StyleXP,
WinRAR, Windows Blinds, Nero 7
5. Malware; Software yang dibuat untuk tujuan menyusup ke komputer tertentu
atau bahkan dapat digunakan untuk merusak sistem dalam jaringan komputer. Singkatnya,
malware ini merupakan software yang dapat menggangu perangkat komputer yang
lain. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh sebagian orang jahat untuk melakukan
kamuflase dalam website bank dan kemudian mengalihkannya ke situs bank phising
atau palsu. Sehingga seluruh data nasabah dapat dicuri dengan bantuan malware
tersebut. Contoh: spyware (perangkat lunak pengintai), adware (perangkat lunak
untuk iklan yang tidak transparan atau tidak jujur), virus komputer, software
Bancos (yang dapat mencuri data dari komputer orang lain).
6. Open Source Software; Perangkat lunak gratis serta kode dalam
pembuatan perangkatnya dapat dipelajari, dimodifikasi, atau bahkan
disebarluaskan sesuai dengan ketentuan atau etika yang telah ditetapkan dalam
perangkat tersebut. Dan biasanya perangkat ini digunakan oleh komunitas khusus.
Contoh: Linux
7. Firmware; Software berupa Memory Read Only atau penyimpanan yang hanya
dapat dibaca. Bersifat paten sehinnga tidak bisa melakukan modifikasi atau
pengembangan meski terdapat masalah dalam fungsinya. Pada umumnya, firmware
telah tertanam serta menyatu dengan satu piranti keras seperti alat-alat
elektronik, alat telekomunikasi dan juga komponen perangkat keras komputer
lainnya. Sehingga firmware oleh beberapa pakar dikira bukanlah piranti lunak
seutuhnya.
Software dibuat dengan menggunakan bahasa
pemprogaman yang dibuat oleh programer yang kemudian melewati proses dirancangan
khusus untuk keperluan tertentu seperti software untuk membuat/mengolah
dokumen, memanipulasi foto, atau membuat laporan keuangan, dan lain-lain.
Berdasarkan jenisnya software dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu: Sistem Operasi (Operating System), Aplikasi (Application), dan Bahasa Pemprograman.
1.
Sistem
operasi:
Sistem Operasi komputer merupakan program
dasar pada komputer yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan
hardware. Dapat dikatakan juga sistem operasi yaitu perangkat lunak yang
bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasioperasi
yang dilakukan pada sistem, termasuk juga menjalankan aplikasiaplikasi yang
dapat melakukan pengolahan data. Contoh sistem operasi komputer misalnya: Microsoft
Windows, Linux, Mac OS, Unix, Android, Suse, Ubuntu, redhat, netOS, Soaris,
debian, freeBSD SunCobat dan lain-lain.
2.
Perangkat
Lunak Aplikasi (Aplication)
Aplikasi
adalah perangkat lunak yang dirancang
khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program
presentasi, design grafis, dan lain-lain. Berdasarkan fungsinya perangkat lunak
aplikasi sebagai berikut.
a) Aplikasi Perkantoran
Aplikasi perkantoran adalah aplikasi yang diperuntukan untuk
membantu menyelesaikan pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor.
Aplikasi Pengolah Kata, sebagaimana biasanya di kantor
pasti sering dikerjakan surat-menyurat maka tersedia aplikasi pengolah kata
seperti, Microsoft Office Word, OpenOffice, Corel Word Perfect, Star Office
Writer, Atlantis Word Processor, WPS writer, dan masih banyak lagi.
·
Aplikasi pengolah angka pengolah angka atau disebut juga dengan
Spreadsheet adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan
perhitungan atau fungsi akuntansi. dengan aplikasi pengolah angka anda akan
lebih mudah menyajikan data perhitungan secara tepat dan baik contohnya:
Microsoft Excel, Kspread, Gnumeric, StarOffice Calc, Xess, dan lain-lain.
·
Aplikasi presentasi adalah program aplikasi yang digunakan untuk
merancang slide untuk digunakan sebagai bahan presentasi dalam suatu pertemuan.
dan setelah membuat presentasi tersebut,kita dapat menampilkan hasilnya di
berbagi media, yaitu di laptop sendiri, LCD, TV dan bahkan menguploadnya ke
media online.contoh aplikasi pengeolah presentase yaitu: Microsoft Office Power
Point, Visme, Haiku Deck, Emaze, Prezi, KeyNote, dan banyak lagi.
·
Aplikasi database sering disebut Database Management System (DBMS) berfungsi untuk mengelola data
yang besar, jika menggunakan program pengolah database, dapat secara cepat dan
akurat menyunting dan memasukkan data, menyeleksi data dengan beberapa kriteria
tertentu, Contoh aplikasi pengolah database pada komputer yaitu: Microsoft
Access, Oracle, MySql, SqlServer, Postsgre SQL dan lainnya.
·
Aplikasi yang juga banyak dipakai dalam dunia bisnis adalah
aplikasi yang berhubungan dengan keuangan dan akuntasi. Contoh : DacEasy
Accounting, Pacioli 2000, PeachTree Accounting.
·
Aplikasi desain grafis adalah aplikasi yang untuk membuat,
mengolah gambar (grafis). Dalam dunia grafis dikenal 2 (dua) jenis grafis
yakni, grafis vektor dan grafis bitmap. Dengan tersedianya berbagai macam
aplikasi grafis, desainer lebih mudah dalam pembuatan, pengolahan, dan
pengeditan grafis. Contoh apikasi desain grafis, Corel Draw, Adobe Photoshop,
Adobe Ilustrator, InDesign, Ink Scape, GIMP, dan lain-lain.
·
Aplikasi Player merupakan software yang digunakan untuk
menghubungkan komputer dengan peralatan multimedia seperti kamera video, kamera
digital, video player. Contoh : Windows Media Player, VLC Media Player, Real
Player, Quick Time, Media Player Home Cinema, dan masih banyak lagi.
·
Aplikasi Multimedia merupakan aplikasi untuk mengolah, mengedit,
membuat multimedia seperti, audio visual, film, video, animasi, kartun, dan
lain-lain. Aplikasi mutimedia digolongkan kedalam dua jenis yaitu 2D (dua
dimensi) dan 3D (tiga dimensi). Contoh aplikasi multimedia yang umum digunakan,
Adobe Premiere, Adobe Flash, Adobe After Effect, Final Cut, 3D Max, Blender,
Maya, Ulead Video Studio, Power Director dan masih banyak lagi.
·
Aplikasi browser adalah suatu perangkat lunak atau software yang
digunakan untuk mencari informasi atau mengakses situs-situs yang ada di
internet. Perangkat ini akan lebih memudahkan pengguna dalam mengakses data
atau mencari referensi yang dibutuhkan. Ada berbagai macam perangkat web
browser yang kini digunakan seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera,
Safari, Internet Explorer dan lain sebagainya.
·
Aplikasi Bantu (Utility) merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk
membantu proses analisis, pengaturan (konfigurasi), optimasi atau perawatan
komputer, keberadannya akan sangat dibutuhkan sebagai upaya pencegahan apabila
tiba-tiba terjadi kesalahan (error) pada komputer. Aplikasi bantu (utility)
dapat digolongkan menjadi.
a)
Anti virus diantaranya: Smadav, PCMAV, VG Antivirus, Microsoft
Security Essentials, Avira, McAfee, Kaspersky, BitDefender.
a) Archivers
dan Data Compression Perangkat lunak untuk membuat file menjadi arsip sekaligus
mengompres (memperkecil) ukurannya, contohnya, WinRAR, WinZip, FilZip, 7-Zip,
PowerISO.
3.
Bahasa
Pemrograman (Programming Language)
Bahasa Pemrograman (programming language) adalah sebuah instruksi standar untuk
memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini
merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk
mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer
dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer,
bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara
persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. Fungsi bahasa pemrograman
yaitu memerintah komputer untuk mengolah data sesuai dengan alur berpikir yang
kita inginkan. Keluaran dari bahasa pemrograman tersebut berupa
program/aplikasi. Contohnya adalah program yang digunakan oleh kasir di mal-mal
atau swalayan, penggunaan lampu lalu lintas di jalan raya, dan lain-lain.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin
komputer, bahasa pemrograman dibagi menjadi:
1. Bahasa
tingkat rendah merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi pada mesin.
Disebut tingkat rendah karena bahasa ini lebih dekat ke bahasa mesin daripada
bahasa manusia. Yang tergolong dalam bahasa tingkat rendah adalah bahasa
assembly.
2. Bahasa
tingkat menengah adalah perpaduan antara bahasa tingkat rendah dan bahasa
tingkat tinggi. Bahasa ini tidak mudah dan tidak sulit dimengerti oleh manusia.
Perintah yang diberikan bersifat simbolik. Contoh penggunaan bahasa tingkat
menengah adalah &&, <<,>>, ?, {, }, dan lain sebagainya.
Bahasa pemrograman yang termasuk dalam bahasa tingkat menengah adalah bahasa C.
3. Merupakan
bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena
kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program
diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.
Bahasa pemrograman yang tergolong dalam bahasa tingkat tinggi yaitu, BASIC, C,
C++, COBOL, FORTRAN, Pascal, Java , .NET, ADA.
Proses pembuatan program yaitu kita menulis
kode sumber pada teks editor misalnya notepad kemudian mengubahnya menjadi
bahasa mesin yang bisa dieksekusi oleh CPU. Proses pengubahan kode sumber
(source code) menjadi bahasa mesin (machine language) ini terdiri dari dua
macam yaitu kompilasi dan interpretasi
Kompilasi (Compilation)
Dalam proses kompilasi semua kode sumber
dibaca terlebih dahulu dan jika tidak ada kesalahan dalam menulis program maka
akan dibentuk kode mesinnya sehingga program bisa dijalankan. Program yang
melakukan tugas ini disebut Compiler. Program hasil kompilasi akan berbentuk
executable. Program bisa langsung dijalankan tanpa harus memiliki Compiler di
komputer yang menjalankan program tersebut. Bahasa yang menggunakan teknik
kompilasi misalnya bahasa C, C++, Pascal, Assembly dan masih banyak lagi.
Interpretasi (Interpretation)
Bahasa yang menggunakan teknik interpretasi
akan membaca kode sumber perbaris dan dieksekusi perbaris. Jika ditemukan
kesalahan dalam penulisan program maka di baris kesalahan itulah program akan
dihentikan. Program yang melakukan tugas ini disebut Interpreter. Pada teknik
interpretasi tidak ada akan dihasilkan program standalone, artinya untuk
menjalankan program kita harus mempunyai kode sumbernya sekaligus interpreter
program tersebut. Bahasa yang menggunakan teknik interpretasi misalnya bahasa
Perl, Python, Ruby dan masih banyak lagi.
D.
Brainware
Komputer
tidak bisa dioperasikan tanpa adanya campur tangan manusia. Peran manusia
sangatlah penting agar komputer dapat dioperasikan dengan baik. Manusia yang
menggunakan, memakai, atapun mengoperasikan perangkat komputer disebut brainware.
Brainware
merupakan bagian penting dari sebuah sistem komputer. Brainware merupakan aktor
intelektual yang mengoperasikan dan juga mengeksplorasi kemampuan hardware dan
software. Brainware dapat dikategorikan sebagai berikut.
A.
Operator: orang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam
perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data
untuk diakses, dan lain-lain.
B.
Administrator: orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi
dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.
C.
Programer: orang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman,
sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem
komputerisasi.
D. System
Analyst adalah seorang yang tugas utamanya adalah merencanakan rancangan
program, bagaimana program tersebut berjalan, tampilannya seperti apa,
fungsinya seperti apa, dan sejenisnya.
E.
Database Komputer adalah seorang yang bertanggung jawab terhadap
database suatu aplikasi, organisasi dan sejenisnya.
F.
Graphic Designer adalah seorang yang mampu menciptakan ilustrasi,
tipografi, fotografi, dan sebagainya. Graphic Designer bertugas untuk
menyampaikan sebuah informasi yang diinginkan oleh pengguna akhir dalam bentuk
desain yang menarik.
G.
Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk me-maintenance
tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang teknisi harus mempunyai
pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
H. Spesialis
Jaringan adalah seorang yang sudah mahir di dunia jaringan komputer. Spesialis
jaringan bertanggung jawab atas semua hal yang berhubungan dengan jaringan
komputer.
I.
Konsultan adalah orang yang bertanggung jawab layaknya seorang
penasehat handal dalam bidang komputer.
J.
Trainer adalah seorang yang mempunyai pengetahuan yang lebih
banyak di banding yang lainnya. Trainer ini bertanggung jawab untuk mendidik
dan mengajar di bidang komputer.
E.
Transfer
Data (Tethering)
Smartphone
Android dapat melakukan berbagi koneksi dengan device lainnya, ini disebut
dengan Tethering. Dengan adanya tethering, alat-alat lainnya misalkan laptop
atau desktop PC dapat menerima aliran data internet.